Presiden Jokowi Sampaikan Laporan RAPBN Tahun 2022

tvberitaindonesia.com Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan, pada tahun 2022 anggaran transfer ke daerah dan dana desa direncanakan sebesar Rp. 770,4 Triliun. 

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi pada saat penyampaian keterangan pemerintah atas Rancangan Undang-Undang Tentang Anggaran Pendapatan  Dan Belanja (APBN) Tahun Anggaran 2022 beserta nota Keuangannya, Senin (46/8/2021).


"Yang difokuskan pada meningkatkan kualitas belanja daerah, agar terjadi percepatan dalam peningkatan dan pemerataan kesejahteraan," ujar Presiden Jokowi.

"Melanjutkan kebijakan penggunaan DTU untuk peningkatan kualitas infrastruktur publik daerah, pemulihan ekonomi di daerah, pembangunan SDM pendidikan dan penambahan belanja kesehatan prioritas." 

Selain itu, lanjutnya, anggaran tersebut dipergunakan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan DTK melalui penyaluran DAK Fisik berbasis kontrak dan DAK Non Fisik untuk mendorong peningkatan capaian output dan outcome.

Tak hanya itu, Presiden juga menuturkan pemerintah akan terus melakukan penguatan quality control terhadap TKDD. Penajaman juga dilakukan dalam pengelolaan Dana Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat.

Upaya itu diharapkan memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua. *La2

  

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments