HEADLINE NEWS

Saat Patroli, Unit Turjawali Sat Lantas Polres KepTan Respon Cepat Tolong Korban Jatuh Pingsan

Maluku, Tv Berita Indonesia - Unit Turjawali Sat Lantas Polres Kepulauan Tanimbar (KepTan) melakukan patroli Hunting Ciptakan Kamseltibcar Lantas cegah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pada wilayah hukum Polres KepTan, Rabu (20/7/22).

Dalam giat ini, sasaran patroli dilakukan di Jalan Ir Soekarno dan Jalan Mathilda Batlayeri Saumlaki, yang dipimpin langsung oleh Ps. Kanit Turjawali Sat Lantas Polres KepTan, AIPDA Wens Atajalim, S.H bersama 6 petugas.

Terhadap kegiatan yang dilakukan, tim hunting unit Turjawali Sat Lantas ini melakukan tindakan preemtif dan preventif berupa teguran, imbauan dan pembinaan serta juga dilakukan penindakan hukum kepada para pelanggar yang melanggar peraturan lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) nomor 22 tahun 2009.

Hal ini disampaikan oleh Kanit Turjawali Polres KepTan, Aipda Wens Atajalim, S.H kepada media ini ketika diminta tanggapannya.

"Kegiatan ini kita lakukan dalam bentuk preemtif dan preventif berupa imbauan, sosialisasi dan pembinaan namun juga kita lakukan penegakan hukum kepada pelanggaran terhadap UU LLAJ nomor 22 tahun 2009," pungkasnya.

Sementara terhadap hasil kegiatan yang dilakukan, dirinya juga mengatakan unitnya telah memberikan teguran sebanyak 5 kali, sedangkan untuk penegakan hukum (tilang) yang diberikan kepada pelanggar aturan lalu lintas sebanyak 2 kali terhadap pasal 281 UU LLAJ nomor 22 tahun 2009 dengan barang bukti yang diamankan berupa 2 unit kendaraan bermotor.

Selain itu, Aipda Wens juga menambahkan, dia bersama timnya dalam melakukan kegiatan patroli, menemukan seorang ibu yang tidak dikenal yang tiba-tiba jatuh pingsan yang beralamat di Jalan Dr Budiono tepatnya di Desa Sifnana, Lorong Buah Naga sehingga dia bersama timnya melakukan pertolongan kepada korban dengan langsung membawanya ke RSUD dr PP. Magrety Saumlaki untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Dalam kegiatan hunting ini, kami juga menemukan kejadian menonjol yaitu seorang ibu berinisial ML (37) pegawai honorer di Desa Sifnana yang tidak kami kenal sebelumnya di Lorong Buah Naga yang tiba-tiba jatuh pingsan sehingga kita langsung melakukan pertolongan dengan membawa korban ke rumah sakit Magrety Saumlaki untuk mendapat perawatan medis," sambung dia kepada media ini.

Apa yang telah dilakukan oleh Tim Patroli Unit Turjawali ini, merupakan tindakan Kepolisian yang sangat mulia yang muncul secara spontan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan yang merupakan wujud tugas pokok Polri dalam memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat dan juga sejalan dengan program presisi Polri yaitu responsibilitas anggota Polri terhadap setiap kejadian yang terjadi disekitarnya. (Ali)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments