5 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Baru

Laptop sudah menjadi salah satu gadget wajib untuk semua orang di berbagai kalangan usia. Kini, anak SD saja sudah membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas. Terlebih lagi, murid-murid SMA, mahasiswa, apalagi para eksekutif muda. Pastinya mereka semua butuh laptop untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu, Anda harus memahami tips memilih laptop.

Pasar gadget Indonesia, termasuk pasar yang disukai pabrikan merk laptop internasional. Karena konsumennya cukup besar dan beragam. Hal itu membuat pilihan jenis laptop juga menjadi sangat beragam.

Beragamnya jenis laptop itu membuat Anda harus memahami tips memilih laptop baru bagi pemula. Jangan asal membeli laptop karena melihat harganya murah atau mahal. Karena laptop murah belum tentu bisa memenuhi kebutuhan, sebaliknya, laptop mahal juga belum tentu cocok dengan kebutuhan Anda.

Semakin majunya teknologi membuat laptop kini bisa dikualifikasikan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memilih laptop editing bagi yang kerap mengolah foto dan video. Bisa juga memilih laptop work office bagi yang penggunaan laptop lebih sering untuk pekerjaan-pekerjaan mengolah data.

5 Tips Memilih Laptop Berkualitas

Bagi Anda yang masih bingung cara memilih laptop sesuai kebutuhan, Anda harus memperhatikan lima poin di bawah ini; 

1. Ketahui Kebutuhan Anda

Tips memilih laptop yang paling utama dan paling mendasar adalah mengetahui kebutuhan laptop Anda. Kalau dari awal Anda tidak mengetahui batasan kebutuhan laptop yang dibutuhkan, maka proses pembelian laptop akan menjadi lebih lama dan rawan pemborosan.

Kalau Anda sudah mengetahui kebutuhan, Anda bisa membatasi spesifikasi yang sebaiknya Anda beli. Kalau tidak paham soal spesifikasi laptop, Anda bisa menjelaskan kebutuhan Anda, sehingga penjual laptop bisa memberikan rekomendasi sesuai kebutuhan.

2. Pilih Prosesor Terkini

Memilih prosesor terbaru merupakan cara memilih laptop yang tidak lemot. Prosesor terbaru memiliki kemampuan mumpuni sesuai dengan software-software terkini. Hal itu bisa menjadi langkah awal agar laptop Anda tidak cepat lemot. Kelemahan prosesor yang generasi terdahulu pastinya kinerjanya tidak sesempurna prosesor generasi terbaru.

Prosesor bisa dibilang otak dari sebuah laptop, maka dari itu, apabila otaknya sudah berkualitas, maka kinerja laptop secara keseluruhan akan ikut berkualitas.

3. Pilih Penyimpanan SSD

Kemajuan dunia digital membuat teknologi penyimpanan data kini sudah maju pesat. Kini drive penyimpanan data sudah bisa dibuat seminimal mungkin. Dulu kita mengenal Hard Disk Drive (HDD) sebagai penyimpanan untuk laptop. Ukuran HDD bisa dibilang cukup besar.

Kini sudah ada teknologi terbaru yang disebut dengan Solid State Drive (SSD). Ukuran SSD jauh lebih kecil dari HDD, dengan kemampuan penyimpanan, pembacaan, dan transfer data jauh lebih cepat dari HDD.

Apabila laptop yang Anda pilih menggunakan SSD, maka laptop itu bisa membaca data lebih cepat daripada HDD, efeknya sistem operasi dan aplikasi pun bisa berjalan lebih lancar.

4. Jangan Lupa Baca Review

Saat sudah menentukan jenis laptop yang akan dibeli, biasakan lah untuk membaca artikel review atau menonton video review. Di zaman keterbukaan informasi seperti sekarang, ulasan-ulasan laptop sangat mudah diakses. Hal ini membuat kita lebih mudah memeriksa laptop saat akan membelinya di toko.

Melalui ulasan itu juga kita bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan sebuah laptop bahkan sebelum membeli laptop tersebut.

5. Beli di Marketplace Terpercaya

Setelah menentukan tipe laptop yang akan dibeli, pastikan Anda membelinya di marketplace yang terpercaya. Salah satu marketplace yang terpercaya adalah Blibli.  Sebagai mall online terbesar di Indonesia, Blibli juga menyediakan berbagai gadget elektronik seperti laptop.

Laptop yang ada di Blibli sudah dipastikan orisinalitasnya dan pastinya garansi resmi. Selain itu, nilai plusnya lainnya membeli laptop di Blibli adalah melalui Promo gadget Murah. Promo ini membuat harga laptop menjadi lebih murah dengan beragam diskon. Siap-siap saja mendapatkan harga terbaik, pengiriman aman, dan tentunya gratis ongkir saat berbelanja di Blibli.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments