Kampung Adat Jalawastu Kampung Unik di Brebes

Brebes, Tv Berita Indonesia - Kabupaten Brebes merupakan kota paling ujung barat atau barat pantai utara, provinsi Jawa Tengah.

Kota yang terkenal dengan pertanian Bawang Merah nya ini, berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat, dimana bahasa Sunda, adalah bahasa yang digunakan sehari - hari oleh penduduk mayoritas masyarakat Jawa Barat.

Ada hal unik tentang keberadaan Kampung Adat Jalawastu di kabupaten Brebes ini, diantaranya, kampung tersebut sesuai dengan namanya terletak di Kampung Jalawastu, Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, yang mana masih masuk dalam Admitrasituf Provinsi Jawa Tengah, akan tetapi penduduk nya, tidak menggunakan Bahasa Jawa, tetapi bahasa sehari hari adalah Bahasa Sunda.

Kampung Adat yang telah masuk dalam  Warisan Budaya Tak Benda atau WBTB ini, keunikan lainnya adalah, melarang warga yang mendiami kampung tersebut, membangun rumah menggunakan bahan semen, keramik dan genteng.

Maka tidak mengherankan jika rumah - rumah dikampung Adat Jalawastu, berlantai tanah atau kayu, berdinding papan kayu, dan beratapkan dari seng.

Keunikan lainnya di kampung ini dilarang ada pementasan wayang, memelihara Angsa, Kerbau, dan Domba atau Kambing, serta menanam Bawang Merah.

Hal ini jelas cukup berbanding terbalik dengan Kabupaten Brebes, yang terkenal sebagai penghasil Bawang Merah di Jawa Tengah.

Jika anda tertarik dengan Kampung Adat Jalawastu, jika dari Jakarta, Bandung atau Semarang, anda sesampai di Pejagan atau Losari Jawa Tengah, bisa menempuh ke arah selatan, kurang lebih berjarak 10 km, dari jalur Pantura Brebes. Ragil74

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments