HEADLINE NEWS

Survei Litbang Kompas 4,5 Persen, Waketum Perindo: Optimis Mampu Lolos Ambang Batas Parlemen

Jakarta,  Tv Berita Indonesia - Hasil Survei Litbang Kompas pada Oktober 2022 menunjukkan elektabilitas Partai Persatuan Indonesia (Perindo) berada di angka 4,5 persen.

Hasil ini meningkat drastis dari survei Litbang Kompas sebelumnya pada Juni lalu.

Merespons hal tersebut, Wakil Ketua Umum Bidang Pemilu, Teritorial, Strategi Pencalegan, Kampanye, dan Saksi DPP Partai Perindo, Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyambut baik hasil survei tersebut. 

Dengan perolehan ini, ia menyatakan menambah semangat jajarannya dalam menyongsong Pemilu 2024 mendatang dengan target yang ditentukan oleh Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo.

"Hasil survei ini membuat kami semakin optimis mampu lolos ambang batas parlemen di pemilihan umum tahun 2024 mendatang, bahkan sesuai target kami yaitu di double digit atau lebih dr 10 persen," kata Ferry, kepada wartawan. Selasa (25/10/2022).

Meski demikian, Ferry mengingatkan kepada semua kader Partai Perindo untuk tidak terlena dengan hasil ini. Menurutnya, kerja politik selama ini yang sudah dikerjakan harus ditingkatkan.

"Kerja-kerja politik, turun membantu kesejahteraan masyarakat harus semakin giat dilakukan oleh segenap komponen partai dari pusat sampai daerah, dengan menjaga persatuan bangsa," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Perindo mampu menembus level baru elektabilitas menjelang pesta demokrasi 2024 mendatang.

Jika pada Juni lalu Perindo baru meraih elektabilitas 3,3 persen, pada Oktober 2022 ini meningkat menjadi 4,5 persen. Dengan hasil survei tersebut, eksistensi Perindo pun dinilai semakin kokoh. 

"Di papan tengah elektabilitas parpol, makin kokoh eksistensi pemain baru dari papan bawah, yakni Partai Perindo. Jika pada Juni lalu Perindo baru meraih elektabilitas 3,3 persen, pada Oktober 2022 ini 4,5 persen," dikutip dari harian Kompas, Selasa (25/10/2022). 

Padahal, hingga survei Oktober 2021 lalu, elektabilitas Perindo baru mencapai skor 1,6 persen dan 'merambat' naik ke 2,5 persen pada Januari 2022. 

Kenaikan elektabilitas Perindo juga terlihat berada satu tingkat di atas partai NasDem yang mendapat persentase sebesar 0,2 persen. 

Secara keseluruhan, parpol dengan elektabilitas meningkat dalam survei kali ini adalah Gerindra (+3,7 persen), Demokrat (+2,4 persen), PKS (+0,9 persen), PKB (+0,2 persen), Perindo (+1,2 persen), dan Nasdem (+0,2 persen). 

Selain parpol yang mendapat keuntungan elektoral, elektabilitas sejumlah parpol lain menurun. Berturut-turut adalah Partai Golkar (-2,4 persen), PDI-P (-1,7 persen), PAN (-0,5 persen), dan PPP (-0,3 persen). Red

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments