HEADLINE NEWS

Penerapan ETLE, Pengamat Berharap Dapat Tingkatkan Kedisiplinan Pengendara Jalan Hingga Kurangi Kemacetan

Jakarta, Tv Berita Indonesia - Pengamat Transportasi ITB, Sony Sulaksono Wibowo menilai salah satu penyebab kemacetan yang ada di beberapa kota di Indonesia lantaran tidak disiplinnya para pengguna jalan.

Dengan adanya penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) diharapkan dapat menjadi salah satu upaya mengendalikan kemacetan yang menjadi momok masyarakat perkotaan.

"Kita berharap nanti dari tilang yang dilakukan secara elektronik ini bisa menekan serta membangkitkan kedisiplinan penggunaan jalan," kata Sony dalam Webinar Partai Perindo yang bertajuk 'Dampak Peralihan Tilang Manual ke Tilang Elektronik', Jumat (4/11/2022).

Selain ketidakdisiplinan pengguna jalan, secara umum kemacetan menurut Sony juga disebabkan dengan meningkatnya volume kendaraan yang memenuhi kapasitas jalan yang ada. 

Kemudian, kemacetan juga disebabkan oleh pemanfaatan ruang jalan yang tidak efisien. Menurutnya, kemacetan di Indonesia diperparah dengan kapasitas jalan yang tidak terlalu banyak ditambah lagi banyaknya penyalahgunaan kapasitas jalan.

"Banyak kendaran-kendaraan yang isinya satu orang, kemudian ada parkir liar, ada PKL, dan ada penyempitan karena aktivitas-aktivitas masyarakat," ucapnya. Red

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments