Gangguan Kesehatan Pada Masa Menopause

tvberitaindonesia.com Jakarta - Dalam usia 50 tahun ke atas bagi para wanita akan mengalami masa menopause, pada masa menopause itu  mengakibatkan kadar hormon estrogen menurun drastis dan ini bisa memuat wanita dalam masa tersebut mengalami masalah kesehatan, misalnya penyakit jantung, proses penuaan dan lain - lain.



Sayang sekali kebanyakan para wanita tidak mengetahui apa saja yang akan terjadi setelah memasuki usia menepause. Dan berikut adalah penyakit - penyakit yang mengintai wanita setelah menopause.

1. Diabetes
Akibat estrogen yang rendah akan meningkatkan resistensi insulin dan memicu untuk makan yang berlebih dan ngemil sehingga menyebabkan berat badan bertambah, sehingga besar kemungkinan akan menderita diabetes. Cara mengatasi untuk melakukan tes kesehatan rutin ke dokter, apalagi berat badan bertambah.

2. Nyeri Sendi
Sendi yang kaku dan pegal akan terjadi seiring dengan penuaan. Untuk mengatasi agar terapi kesehatan akan meringankan nyeri sendi dan konsumsi vitamin sesuai resep dokter.

3. Infeksi Saluran Kemih
Estrogen yang rendah akan berakibat pada sistem kandung kemih, dengan mempertahankan elastisitas jaringan dan memperkuat sel-sel dinding kandung kemih untuk mencegah bakteri keluar. 

4. Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah
Ketika estrogen turun resiko penyakit jantung akan semakin meningkat, penyakit jantung adalah penyebak kematian utama bagi wanita dan pria. Untuk mengatasi penting melakukan latihan rutin seperti olah raga teratur, konsumsi makanan bergizi dan menjaga berat badan tetap stabil.


5. Penyakit Gusi
Saat usia menjelang tua wanita akan kehilangan tulang, termasuk gigi dan akan berisiko tinggi penyakit gusi. Untuk mengatasi tentu harus menjaga kesehatan pada gigi, periksalah secara rutin ke dokter.

Masih banyak penyakit lainnya, yang tentu saja kita tidak mengetahuinya. Teruslah menjaga kesehatan, karena sehat itu mahal.
Lebih baik mencegah daripada mengobati.






Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments