Masuk Pancaroba, Masyarakat Jabodetabek Dihimbau Waspada Bencana Banjir

tvberitaindonesia.com Jakarta -   Hujan dengan intensitas yang tinggi sejak Senin petang hingga malam hari, mengakibatkan sejumlah ruas jalan tergenang air, dan beberapa wilayah terkena banjir.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG A. Fahri Radjab mengatakan bahwa hujan bisa terjadi sepanjang hari, dalam masa pancaroba, dan ini memang kondisi normal yang sering terjadi setiap tahun.


Selain itu, dari faktor dinamika atmosfer yang terjadi diatas pulau Jawa dan Sumatera Selatan, adanya massa udara yang memang basah dan mengandung uap air yang berasal dari Samudera Hindia yang membentuk awan, sehingga berpontensi menimbulkan hujan, dan kondisi topografi juga turut berpengaruh dalam pembentukan awan. 

Baca juga : Bendung Katulampa Bogor Siaga 1, Jakarta Waspada Air Kiriman

Yang harus diwaspadai adalah terjadinya potensi bencana Hidrometeorologi yaitu bencana alam yang terjadi sebagai dampak dari fenomena meteorologi seperti angin kencang, hujan lebat, apalagi daerah - daerah yang sudah ditetapkan oleh Pemda sebagai daerah rawan longsor, banjir dan daerah lereng terjal.

Sementara itu, Jabodetabek yang harus diwaspadai adalah Depok, Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments