Memaknai Hari Pahlawan

tvberitaindonesia.com Jakarta - Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat menjadi inspirasi  bagi kita semua. Jika dahulu berjuang dengan mengangkat senjata, maka kita kini berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham - paham radikal, dan yang saat ini kita hadapi bersama yaitu, pandemi covid-19, yang juga melanda dunia.
 

Hari ini, Selasa (10/11/2020) kita memperingati hari pahlawan, kiranya tidak hanya sekedar mengingat setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan yang telah mempertaruhkan nyawa para pahlawan untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), perlu terus dikenang sepanjang masa.
 
Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020, diharapkan dapat berlangsung secara hikmat, dan tidak kehilangan makna, bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk kesatuan bangsa.
 
Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong-royong perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia.
 
Kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain, sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan kita. Sebagaimana pesan Bung Karno, yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, yang dapat menjadi bangsa yang besar.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments