Ombudsman Banten Berikan Pembekalan Pelayanan Publik di Balai Besar Karantina Pertanian Soetta

Wartawan : Irfan Fauzi

tvberitaindonesia.com Serang - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten (Ombudsman Banten), Dedy Irsan menjadi pembicara pada kegiatan Workshop Isu Strategis Penyelenggaraan Pelayanan Publik Perkarantinaan dalam menghadapi masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) dan Internalisasi Standar Pelayanan Publik.

Workshop tersebut diselenggarakan oleh Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta (BBKP Soetta) pada 29 September 2021 bertempat di Ruang Flora Kantor Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta, dan dihadiri oleh sebagian peserta dengan mengikuti melalui zoom.

Bersama dengan Kepala Ombudsman Banten, turut hadir juga melalui video conference perwakilan dari Deputi Pelayan Publik Kemenpan-RB, Fika sebagai pembicara.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala BBKP Soetta, Imam Djajadi dengan peserta yang merupakan pegawai dari BBKP Soetta. Adapun tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan BBKP Soetta terutama di era pandemi ini.

Kegiatan diawali dengan pemaparan oleh Kepala Ombudsman Banten. Dedy Irsan memberikan pesan kepada BBKP Soetta agar selalu mengaktifkan dan mengefektifkan internal complain handling unit (Unit pengelola Pengaduan Internal) guna meningkatkan pelayanan.

Dedy menambahkan, pengelolaan pengaduan pelayanan publik penting untuk diaktifkan karena agar dapat menerima masukan-masukan dari anggota masyarakat sebagai pengguna layanan dalam hal ini adalah layanan BBKP Soetta. 

Disamping itu perlu dilengkapi standar pelayanan publik sesuai dengan Undang undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, lalu melakukan Survei kepuasan Masyarakat (pengguna layanan) secara berkala, penting dilakukan untuk melakulan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari perwakilan Deputi Pelayan Publik Kemenpan-RB. Fika memaparkan terkait inovasi pelayanan publik termasuk pemaparan mengenai inovasi-inovasi pelayanan publik di lingkungan Kementerian Pertanian.

Menutup kegiatan, Imam Djajadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber atas pemaparan yang disampaikan. 

Ia menerangkan akan menindaklanjuti hal-hal yang disampaikan oleh Kepala Ombudsman Banten mengenai internal complain handling unit dan pemenuhan standar pelayanan publik serta SKMdan inovasi pelayanan publik yang disampaikan oleh perwakilan Deputi Pelayanan Publik Menpan-RB.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments