Polres KepTan Gelar Upacara Pasukan Operasi Ketupat Salawaku 2022

Wartawan : Alihasan

Maluku, tvberitaindonesia.com - Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Tanimbar (KepTan) melaksanakan kegiatan upacara pasukan operasi ketupat Salawaku 2022 yang digelar di lapangan Mapolres. Jumat (22/4/2022).

Giat tersebut melibatkan unsur TNI dan Instansi terkait lainnya dengan tema "Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022", wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman, sehat dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H / 2022 M.

Dalam pelaksanaannya melibatkan 144.392 personil pengamanan gabungan yang terdiri dari 87.880 Polri, 13.287 TNI serta 43.225 personil yang berasal dari Instansi terkait lainnya. Kekuatan personil tersebut akan ditempatkan pada 1.710 Pos Pam dan 734 Pos Pelayanan serta 258 Pos Terpadu. 

Dan terhadap kelonggaran-kelonggaran yang diberikan Pemerintah agar masyarakat dapat merayakan dapat disikapi dengan tetap menjaga agar penyebaran Covid-19 tidak mengalami peningkatan dengan mengambil langkah-langkah sebagai berikut : 

1. Melakukan himbauan dan mengawasi kedisplinan masyarakat agar taat terhadap Protokol Kesehatan 3 M.

2. Mendorong pengelola tempat wisata agar memasang aplikasi Peduli lindungi dan kepada pengunjung yang belum divaksin agar diarahkan untuk di vaksinasi pada gerai terdekat dan sediakan tempat isolasi sementara kepada pengunjung kategori hitam sebelum mendapat penanganan lebih lanjut.

3. Melaksanakan pengamanan dan penjagaan terhadap pelaksanaan ibadah Idul Fitri di Mesjid-mesjid maupun di lapangan.

4. Mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi agar masyarakat pengguna moda transportasi terlindungi dari bahaya penularan Covid-19.

5. Melakukan testing, tracing, dan treatment terhadap kasus yang terkonfirmasi Covid-19 bersama Satgas Covid-19, TNI dan Pemerintah Daerah untuk melakukan isolasi mandiri, isolasi terpusat atau perawatan di Rumah Sakit.

6. Melaksanakan Random Check Swab antigen kepada para pelaku perjalanan dan siapkan pelayanan vaksinasi serta isolasi sementara di Pos Pelayanan.

7. Melakukan percepatan program vaksinasi terutama pada Kabupaten / Kota yang belum mencapai target.

8. Melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, mulai dari contraflow, buka tutup gate tol, one way, ganjil genap pada jalan tol maupun ruas jalan tertentu saat arus mudik/balik maupun jalan-jalan menuju tempat wisata dan sosialisasi melalui media secara masif sehingga masyarakat dapat mengatur rencana perjalanannya.

Kegiatan upacara berlangsung, situasi aman dan lancar dilanjutkan dengan Rapat Lintas Sektoral Operasi Ketupat Salawaku 2022 Polres KepTan bersama Pimpinan TNI, Pemda dan Pimpinan unsur terkait lainnya dalam rangka membahas kesiapan Instansi terkait dalam rangka menghadapi Perayaan Idul Fitri 1443 / 2022.


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments