Polres KepTan Gelar Giat Pelatihan Pra Operasi Kepolisian dengan Sandi Patuh Siwalima 2022

Maluku, Tv Berita Indonesia - Kepolisian Resor (Polres) Tanimbar (KepTan) melaksanakan kegiatan pelatihan pra operasi kepolisian dengan sandi patuh Siwalima 2022 bertempat di Ruang Rapat Polres KepTan sekira pukul 14:50 s/d 15:40 WIT. Jumat (10/6/2022).

Hadir dalam giat tersebut, yaitu Kasat Lantas Polres KepTan, Iptu Dionisius Fenanlampir., Kasat Intelkam Polres KepTan, Iptu Samuel J. Lekahena., KBO Sat Lantas Polres KepTan, Ipda Abraham Melsasail dan Kanit Regident Polres KepTan, Ipda F. Barry Hulkiawar, S.H.

Dengan tema 'Tertib Berlalu Lintas Menyelematkan Anak Bangsa' yang dipimpin oleh Kapolres KepTan, AKBP Umar Wijaya, S.I.K.

Adapun rangkaian acara dalam giat ini, mengawali sambutan sekaligus membuka giat dengan resmi oleh Kapolres KepTan.

Dalam sambutannya, Kapolres KepTan, AKBP Umar Wijaya, S.I.K, memberikan arahan, antara lain Latihan Pra Operasi merupakan langkah persiapan untuk melaksanakan Ops Patuh Siwalima Tahun 2022.

Dengan mengedepankan fungsi lalu lintas dengan penekanan peran aktif masing-masing personil Satuan Tugas (Satgas) untuk menindak pelanggaran khususnya yang berpotensi penyebab kecelakaan lalu lintas.

Untuk diketahui bagi seluruh personil bahwa penekanan pimpinan dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian tahun ini salah satunya yaitu penerapan sistem tilang elektronik (ETLE) namun berkaitan pada Polres kita tidak ada sistem penilangan tersebut, maka bagi Kasat Lantas dan Jajaran agar dapat melaksanakan giat sesuai petunjuk dari Korps Lalu Lintas Mabes Polri melalui Ditlantas Polda Maluku untuk pelaksanaan Ops nantinya.

Kemudian, Operasi patuh dilaksanakan dengan mengutamakan pelaksanaan dengan cara penindakan maka dengan itu, diharapkan bagi personil dilapangan agar melaksanakan tugas secara humanis dan selalu berkoordinasi dengan perwira untuk mengambil langkah terkait pelaksanaan operasi dimaksud.

"Operasi patuh dilaksanakan dengan mengutamakan pelaksanaan dengan cara penindakan maka dengan itu, saya mengharapkan bagi personil dilapangan agar melaksanakan tugas secara humanis dan selalu berkoordinasi dengan perwira untuk mengambil langkah terkait pelaksanaan operasi dimaksud," ujar Kapolres.

Selain itu, lanjut Kapolres, bagi seluruh personil bahwa perlunya penambahan target operasi sesuai karakteristik wilayah, salah satunya wilayah rawan kecelakaan. Sehingga sasaran yang akan dicapai diantaranya turunnya angka kecelakaan dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas dapat terwujud. 

Dan juga, diharapkan agar anggota yang terlibat untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Pelaksanaan operasi ini dengan humanis serta sesuai dengan Standart Operating Procedure (SOP), walaupun melakukan penindakan terhadap pelanggar tetap kita kedepankan senyum, sapa dan salam.

"Saya juga mengharapkan agar anggota yang terlibat untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Pelaksanaan operasi ini dengan humanis serta sesuai dengan SOP, walaupun melakukan penindakan terhadap pelanggar tetap kita kedepankan senyum, sapa dan salam," harap Kapolres.

Kapolres juga menambahkan, terkait dengan pengamanan Barang Bukti (BB) ketika dilakukan razia, atensi bagi untuk personil Sat Lantas dilapangan, agar teliti dan profesional pada pelaksanaan giat nantinya. Hindari terjadinya kesalahan-kesalahan dilapangan sekecil apapun.

Selama kegiatan berlangsung, situasi aman dan lancar. (Ali)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments