HEADLINE NEWS

Jelang Pemilu 2024, Kesbangpol Jakarta Barat Gelar Sosialisasi Netralitas ASN dan Forum-Forum Bentukan Pemerintah

Jakarta, tvberitaindonesia.com - Badan Kesatuan  Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Barat menggelar sosialisasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan forum-forum bentukan pemerintah pada saat tahapan pemilu 2024.

Acara di gelar di Aula kantor Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, pada Senin (13/2/2023). 

Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jakarta Barat Moh Matsani  menyampaikan, kegiatan tersebut berdasarkan UUD no 5 tahun 2014 dan netralitas Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM ) berdasarkan Pergub DKI nomor 138 tahun 2019 yang di perbarui pergub DKI nomor 13 tahun 2022.

"Bahwa anggota FKDM tidak boleh menjadi anggota partai politik yang dikuatkan dengan surat pernyataan bermaterai," ucap Matsani.

Matsani juga mengatakan bahwa tugas Kesbangpol adalah menyampaikan netralitas ASN dan forum bentukan pemerintah, meskipun tidak ada anggaran untuk kegiatan ini.

"Namun tugas harus tetap di jalankan, ini merupakan inovasi Kesbangpol, tujuanya untuk mengantisipasi terhindarnya Conflict of Interest dan terpolarisasi nya anggota FKDM," tuturnya. 

Sementara itu, anggota Bawaslu Roup yang  mewakili ketua Bawaslu Jakarta barat hadir di acara menegaskan hal yang sama, tentang netralitas Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) agar tidak ada kepentingan saling berlawanan dengan kepentingan lainnya.

"Apalagi anggota FKDM juga ada yang menjadi sebagai penyelenggara pemilu 2024, seperti Panwascam PPK PPL, sehingga harus benar - benar netral," jelas Roup.

Kegiatan sosialisasi netralitas ASN dan Forum bentukan pemerintah ini terus dilakukan diwilayah delapan (8).

"Dan ini baru yang ketiga kalinya setelah Kecamatan Tamansari, Kecamatan Tambora dan Kecamatan Kalideres," sambungnya.

Acara turut dihadiri Camat, Kalolsek, Danramil Subid Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan para ASN. *Lth

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments