Darahku Obatmu

tvberitaindonesia.com Jakarta - Tentu masih ingat dengan Terapi Plasma Darah kan? Ya, terapi dengan cara pemberian plasma darah penyintas covid-19 kepada pasien yang terpapar covid-19, ini bisa menjadi penyelamat yang menjanjikan.

Plasma darah penyintas yang sudah mengandung zat antibodi, akan melawan virus di dalam tubuh kita, dan membantu penderita dengan gejala berat untuk terbebas dari komplikasi organ.



Sambil menunggu vaksin covid-19 selesai, dan siap digunakan untuk warga negara yang saat ini masih berjuang ditengah pandemi, plasma konvalesen bisa digunakan oleh penyintas covid-19.

Baca juga : Jokowi Targetkan Rencana Pemberian Vaksin Rampung Dalam Dua Pekan

Terapi plasma konvalesen menggunakan darah, yaitu cairan berwarna kekuningan yang bertugas membawa berbagai nutrisi penting. Penunjang kesehatan tubuh plasma darah ini, mengandung bahan-bahan penting seperti, zat imunoglobulin, antibodi, protein, lemak, glukosa, dan garam mineral lainnya. 

Baca juga : Walikota Jakarta Barat Instruksikan Camat Dan Jajarannya Gelar Kegiatan Donor Darah

Untuk penderita covid-19 zat antibodi itulah yang sangat penting, zat antibodi ini membentuk kekebalan tubuh yang mengikat virus, dan mengeliminasi dengan donor plasma penyintas covid-19. 

Terapi plasma konvalesen bisa dilakukan pasien sakit, dan di terapi secara intravena atau melalui injeksi, jadi plasma darah langsung masuk ke pembuluh vena sehingga langsung tersebar ke peredaran darah dan seluruh tubuh.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments