Walikota Jakarta Barat Instruksikan Camat Dan Jajarannya Gelar Kegiatan Donor Darah

TV BERITA INDONESIA MENHIMBAU UNTUK MEMAKAI MASKER - MENCUCI TANGAN - MENJAGA JARAK

tvberitaindonesia.com Jakarta - Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, menginstruksikan kepada camat, beserta jajarannya untuk melaksanakan kegiatan donor darah. Karena, kegiatan ini sangat dibutuhkan bagi sesama yang membutuhkan darah. 


" Saudara-saudara kita yang berada di rumah sakit mungkin sedang menunggu uluran tangan kita. Salah satu diantaranya yang membutuhkan darah. Sesuai yang disampaikan pak Rustam (Ketua PMI DKI Jakarta), saya instruksikan kepada seluruh kecamatan dan jajarannya agar melaksanakan kegiatan donor darah," ujar Uus saat sambutan pada kegiatan donor darah di kantor Kelurahan Meruya Utara, Rabu pagi (30/9/202).


Menurut Uus, kegiatan donor darah merupakan kegiatan kemanusian. Ini sangat mulia dalam membantu mereka yang sangat membutuhkan darah. Sehingga perlu dukungan kepada semua pihak, termasuk organisasi masyarakat agar menggelar kegiatan donor darah.   

Baca juga : Jokowi Targetkan Rencana Pemberian Vaksin Rampung Dalam Dua Pekan

Dukungan walikota Jakarta Barat juga telah dikemukakan terkait rencana penyelenggaraan kegiatan donor darah pada 13 Oktober di kantor Walikota Jakarta Barat. "Saya sangat setuju. Yang terpenting memperhatikan protokol kesehatan. 740 calon pendonor, itu sedikit. Saya minta Kesbangpol, yang memiliki banyak organisasi juga bisa dilibatkan," jelasnya. 


Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini diprakarsai oleh Demo Care. Kegiatan ini sangat diperlukan dalam upaya pemenuhan stok darah untuk pasien yang membutuhkan darah di rumah sakit.


Ia mengakui bahwa ketersediaan stok darah di PMI Jakarta mulai menurun akibat masa pandemi COVID-19. Itu dimaklumi mengingat diberlakukannya pelaksanaan PSBB yang membatasi ruang gerak masyarakat.

Melihat kondisi itu, PMI DKI Jakarta menginstruksi kepada PMI di wilayah untuk melakukan program jemput bola, yakni melaksanakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan instansi pemerintah, organisasi masyarakat dan sebagainya.


" Bak gayung bersambut, teman-teman Demo care memiliki misi yang sama dengan melaksanakan kegiatan donor darah di Meruya Utara. Alhamdulillah, ada sekitar 150 orang yang mendonorkan darahnya. Ini merupakan gerakan yang kita dukung untuk ketersediaan darah bagi masyarakat yang memerlukan darah di rumah sakit." jelasnya.

Baca juga : Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat, Melakukan Disinfeksi Massal Di Kelurahan Cengkareng Timur

Usai memberikan sambutan, Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, bersama Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi, Ketua PMI Jakarta Barat, H.Baharuddin beserta sejumlah pejabat Pemkot Jakarta Barat meninjau pelaksanaan kegiatan donor darah. (wahyu)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments