Pemerintah Siapkan Tes Swab Gratis Untuk Anggota Keluarga Positif Covid-19

tvberitaindonesia.com Jakarta - Menteri Perlindungan Dan Pemberdayaan Perempuan, I Gusti Ayu Bintang mengatakan pemerintah menyediakan fasilitas tes swab gratis untuk seluruh anggota keluarga, apabila satu keluarga terkonfirmasi positif covid-19.

Hal ini disampaikan I Gusti Bintang dalam diskusi yang digelar di kantor Presiden, Jakarta pada Jumat Sore (25/09/2020).

Baca juga : Presiden Jokowi Ajak Dunia Bersatu Melawan Pandemi Covid-19

Menteri Perlindungan Dan Pemberdayaan Perempuan mengatakan hal itu berdasarkan arahan dari Presiden Jokowi, mengingat cluster keluarga menjadi fokus Presiden dalam pengendalian pandemi di Indonesia.

Menteri PPA I Gusti Bintang

Secara teknis Bintang menyatakan hal yang perlu dilakukan bila ada angota keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19, untuk melaporkan ke Puskesmas atau Dinas Kesehatan terdekat, yang nantinya pihak Puskesmas atau Dinkes akan berkoordinasi dengan satgas covid-19 didaerah.

Sementara itu, Kementerian PPA tengah menyiapkan protokol kesehatan keluarga, hal ini akan menjadi pedoman untuk mencegah penularan covid-19 dalam satu atap rumah tangga.

Baca juga : Masuk Pancaroba, Masyarakat Jabodetabek Dihimbau Waspada Bencana Banjir

" Jika ada keluarga yang terkonfirmasi positif, harus melaporkan kepada Puskesmas terdekat atau Dinas Kesehatan terdekat, dari Dinas ini akan dikonfirmasi kepada satgas daerah-daerah yang akan menindaklanjuti dengan melakukan penelusuran kepada keluarganya, dan nantinya akan difasilitasi dengan swab gratis yang akan ditanggung oleh satgas daerah tersebut," jelas I Gusti Bintang.

 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments