FKDM Jakarta Barat Gandeng PMI Provinsi DKI Jakarta, Lakukan Donor Darah

tvberitaindonesia.com Jakarta -  Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Jakarta Barat, menggelar aksi donor darah pada masa pandemi Covid-19. Aksi kemanusiaan ini dalam rangka membantu Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta dan masyarakat yang tengah kekurangan stok darah.


Dengan tema " Satu Langkah Nyata Selamatkan Nyawa, Seribu Jiwa Sejuta Inspirasi ", target dari kegiatan hasil kerja sama FKDM Jakarta Barat  dan PMI DKI Jakarta ini, yaitu mengumpulkan darah dari 1.000 pendonor. Acara dimulai 12 - 13 Oktober 2020.

Baca juga : Darahku Obatmu

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Donor, Budi Saptono menyatakan, kegiatan ini  memberikan solusi konkret bagi masyarakat, khususnya yang sangat membutuhkan darah.


" Acara donor darah ini merupakan perpanjangan tangan dari program Social FKDM  sebagai bentuk kontribusi dan komitmen para pengurus dan anggota  se-Jakarta barat, dalam aksi Donor Darah. Ini sesuai arahan dan dukungan dari Dewan Penasehat FKDM Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto ” ujar Budi Senin  (12/10/2020).

Pada kesempatan sama Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Jakarta Barat Iswadi SE, menyatakan kegiatan donor darah itu dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19.

" Kami memastikan bahwa seluruh peserta mengikuti acara dengan protokol kesehatan. Pengukuran suhu, tempat menunggu yang berjarak, pembagian jam donor agar tidak terjadi penumpukan. Selain itu, masker, dan hand sanitizer sudah kami siapkan," kata Iswadi.

Baca juga : Satgas NU Peduli Covid-19, Lakukan Sejumlah Kegiatan Sebagai Upaya Untuk Memutus Mata Rantai Penyebaran Corona

Iswadipun mengharapkan masyarakat khususnya anak-anak muda bisa mendonorkan darah melalui kegiatan tersebut. " Semoga acara ini dapat menjadi percontohan, bahwa donor darah masih sangat penting dan dapat dilakukan dengan aman walaupun di masa seperti ini," tambahnya.

Baca juga : Rapat Pembentukan Panitia, Dan Persiapan Dalam Rangka Kegiatan Donor Darah

Selanjutnya Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Efendi, mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM ) Kota Jakarta Barat, yang digelar pada (12/10/2020).


" Saya menghargai dan berterima kasih kepada pengurus FKDM yang mempunyai inisiatif melakukan kegiatan donor darah sukarela, karena PMI DKI, memang sangat membutuhkan donor darah untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, " ujar Rustam dalam sambutanya.

Dikatakan Rustam Efendi, PMI DKI setiap harinya harus menyiapkan 1000 kantong darah untuk disuplay kerumah sakit yang ada di Jakarta, dan untuk menjaga jangan sampai terjadi krisis darah, PMI DKI lanjut Rustam, harus memastikan ketersediaan stok darah 4 hari kedepan, untuk mencegah terjadinya krisis ketersediaan dan pasokan darah.


" Itulah, kami selalu menggiatkan kegiatan donor darah,"  ungkap Rustam.

Mantan Walikota Jakarta Barat ini menambahkan sejak terjadinya pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), aktivitas masyarakat untuk mendonorkan darah berkurang, ini disebabkan karena adanya Pandemi Covid - 19.

" Pasokan darah di PMI DKI berkurang cukup signifikan ini terjadi pada awal Pandemi Covid -19, " Ucapnya. (Lutfi)



Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments