Ini Penjelasan BMKG Dan LAPAN Prediksi Banjir Besar Di Jadetabek

tvberitaindonesia.com Jakarta - Hujan deras yang mengguyur Jakarta dalam beberapa hari yang lalu, menyebabkan sejumlah pemukiman di Jakarta terendam Banjir.

Baca juga : Ini Kata BMKG Untuk Potensi Banjir di Wilayah Jakarta, Jawa, dan Kalimantan

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bahkan memprediksi hujan ekstrim berpotensi banjir besar, tak hanya akan terjadi di Jadetabek.

Banjir di Jakarta 

LAPAN dalam keterangan resminya menyatakan akan terjadi cuaca hujan ekstrim di Jakarta dan sekitarnya pada 19-20 Februari 2021, dan berpotensi menyebabkan banjir besar.

Pada periode 19-20 Februari sore hari, hujan juga akan terbentuk di kawasan Bogor dan sekitarnya, menjalar ke utara dan menuju Jakarta.

Peningkatan intensitas hujan akan kembali terjadi menjelang tengah malam pukul 23.00 WIB. 

Peneliti Sains Atmosfer dan Teknologi Atmosfer LAPAN, Dr. Erna Yulihastin, mengatakan bahwa hujan ekstrim diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB.

"Setelah itu, intensitas akan berkurang, namun hujan dalam skala meso atau luas persisten terjadi sepanjang hari hingga pukul 17.00 WIB di kawasan Jakarta dan sekitaranya," jelasnya dalam rilis resmi.

Baca juga : Moeldoko : Vaksin Covid-19 Untuk Masyarakat Umum Dilakukan Bulan April 2021

Sementara itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini, hujan ekstrim di Pulau Jawa, pada 18 hingga 19 Februari mendatang.

Dari data BMKG, 6 provinsi di Pulau Jawa yang berstatus siaga banjir, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. (Teguh).


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments