Syarat Terapkan New Normal, Pola Hidup Baru Di Indonesia

tvberitaindonesia.com Jakarta - Indonesia menjadi salah satu negara yang akan melakukan skenario New Normal sebagai pola hidup baru. Hal ini dilakukan untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial ekonomi.

Pemerintah akan menerapkan rencana mengimplementasikan New Normal dengan mempertimbangkan studi epidemiologis dan kesiapan regional.

Beberapa syarat yang harus diterapkan untuk Negara yang akan menjalankan New Normal sebagai pola hidup baru, dengan tetap menjalankan aktivitas normal seperti biasanya.


Dr Hans  Henri P. Kluge Direktur  Regional WHO untuk  Eropa  memberikan panduan untuk negara - negara Eropa  yang akan  menerapkan New Normal. Setiap  langkah untuk  meringankan  pembatasan dan   transisi harus  memastikan :
  • Terbukti bahwa trasmisi Covid-19 telah dikendalikan
  • Kesehatan masyarakat dan kapasitas sistem kesehatan mampu untuk mengindentifikasi, mengisolasi, menguji, melacak kontak dan mengkarantina
  • Mengurangi resiko wabah dengan pengaturan ketat terhadap tempat yang memiliki kerentanan tinggi, terutama dirumah orang lanjut usia, fasilitas kesehatan mental, dan pemukiman padat
  • Pencegahan ditempat kerja ditetapkan, seperti jarak fisik, fasilitas mencuci tangan, etiket penerapan pernafasan
  • Resiko penyebaran imported case dapat dikendalikan
  • Masyarakat ikut berperan dan terlibat dalam transisi.

Tingkat kesadaran masyarakat adalah sebagai kunci utama dalam menerapkan New Normal sebagai pola hidup baru, dapat diartikan sebagai perubahan prilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun perubahan ini harus menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).






Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments