Gempa Magnitudo 7 Guncang Turki Dan Yunani

tvberitaindonesia.com Jakarta - Gempa bermagnitudo 7,0 di laut Aegea mengguncang Turki dan Yunani pada Jumat (30/10/2020). Beberapa bangunan hancur di Provinsi Izmir Barat, Turki. 

Otoritas Seismologi Yunani mengatakan, bahwa gempa bermagnitudo 6,6 mengguncang kepulauan Samos di laut Aegea, gempa dirasakan di seluruh Pulau Yunani Timur termasuk ibu kota Yunani Athena.

Baca juga : Komunitas Driver Ojol Korwil Bekasi, Gelar Aksi Damai, Tolak Aksi Anarkisme Dan Perpecahan

Peringatan tsunamipun dikeluarkan dan penduduk di daerah Samos dihimbau untuk menjauh  dari garis pantai. Dilaporkan air sempat naik hingga ke atas dermaga di Pelabuhan utama Samos dan membanjiri jalan.

Gubernur Samos mengatakan, tidak ada korban luka di pulau tersebut, namun warga dihimbau untuk menjauh dari bangunan karena gempa susulan terus mengguncang daerah Samos.

Sementara itu, Badan Manajemen Kebencanaan Turki Afad, melaporkan bahwa gempa bermagnitudo 6,6 dengan kedalaman 16,5 km.

Baca juga : HUT IPJI Ke-21, Hadirkan KH. Dr. Ali Muchtar Ngabalin, Dengan Tema " Mengabdi Untuk Negeri, Menjaga Bangsa Tercinta "

Walikota Izmir Tunc Soyer, mengatakan kepada CNN Turki ada sekitar 20 bangunan runtuh namun, belum ada informasi adanya korban. Media Turki melaporkan gempa dirasakan di wilayah Aegea Mara - Mara dan Istanbul. 

Baca juga : Pemerintah Siapkan Dana Rp37 Triliun Untuk Vaksin Covid-19

Badan Survei Geologi Amerika Serikat USGS mengatakan, titik pusat gempa bermagnitudo 7,0 berada di 14 km sebelah Timur laut Neon Karalopasion dengan kedalaman 10 km. Episentrum gempa tercatat berada di 17 km dari pantai provinsi Izmir Turki .


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments