HEADLINE NEWS

Bhakti Sosial Dan Ceramah Agama, Bersama Gus Miftah Dalam Rangka Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-60

tvberitaindonesia.com Jakarta - Jaksa Agung RI Dr, Burhanuddin, SH. MH. didampingi Wakil Jaksa Agung RI Dr. Setia Untung Arimuladi, SH. MH. dan para Jaksa Agung Muda serta beberapa pejabat eselon II, melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial  Serentak dengan Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaaan Negeri seluruh Indonesia, bertempat di halaman parkir depan Sasana Andrawina Kejaksaan Agung RI pada Rabu, 15 Juli 2020.

Jaksa Agung RI Dr, Burhanuddin, SH. MH.
Jaksa Agung Muda Pembinaan selaku Ketua Umum Panitia HBA ke-60, melalui Koordinator Bhakti Sosial dan Anjangsana Masyudi, SH. MH, melaporkan kepada Jaksa Agung RI, bahwa pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial ini sebagai respon Kejaksaan atas kondisi sosial ekonomi masyarakat pada saat ini. 

Betapa luar biasanya dampak pandemi Covid-19 ini, tidak hanya mengancam kesehatan jiwa masyarakat banyak, namun juga telah membuat kondisi perekonomian bangsa menjadi semakin berat dan sulit. 


Oleh karenanya, dalam memperingati HBA ke-60 tahun 2020, memfokuskan beberapa kegiatan yang berkenaan dengan bhakti sosial. Hal tersebut sejalan dengan tema HBA ke-60 yakni "Terus Bergerak dan Berkarya" sebuah tema yang sangat menginsipirasi kita semua, bahwa Kejaksaan tetap berkinerja, & berbuat bersama sama dengan masyarakat.

Bhakti sosial kali ini dilakukan dengan melakukan pemberian santunan kepada masyakarat, berupa paket sembako yang ditujukan antara lain kepada para pelaku wisata yang terdampak Covid-19. Mengingat pelaku wisata menjadi pihak yang cukup terdampak karena praktis dengan adanya pandemi ini, dunia pariwisata berhenti total.



Selain Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri, Pengurus Pusat Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD), juga tidak ketinggalan memberikan bantuan sebanyak 1000 Paket sembako yang disalurkan kepada Panti Asuhan yaitu:
  1. Panti Asuhan "Putra Setia" yang beralamat di Jl. Kramat Sention Nomor 51 Jakarta.
  2. Panti Asuhan "Padepokan Kanjeng" yang beralamat di Jl. Kyai Ishak, Rawameneng, Kampung Kaung Perwakilan Jakarta dan di Jalan Cilangkap Baru, No. 54 Cilangkap Jakarta Timur.
  3. Panti Asuhan MT. Arroyyan yang beralamat di Jl. H. Soaib No. 56 Rt 010/ Rw 03 Petukangan Selatan Jakarta Selatan. 

Ditambah lagi bantuan sembako dari Pengurus Pusat Persatuan Jaksa Indonesia (PJI), yang menyalurkan bantuan sebanyak 1000 (seribu) paket, untuk didistribusikan kepada warga Tasikmalaya, Bandung, & Cikarang. Secara khusus bidang Pembinaan juga mendistribusikan paket sembako sebanyak 1000 paket kepada warga desa Cibadak, desa sukarendah, Kecamatan Cibadak & desa Cisampi Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak.

Untuk 17 Desa di Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka telah disalurkan 1000 paket sembako yaitu : 
  1. Desa Argasari
  2. Desa Campaga
  3. Desa Cibereum
  4. Desa Cicanir
  5. Desa Cikeusal
  6. Desa Ganeas
  7. Desa Gunungmanik
  8. Desa Jatipamor
  9. Desa Kertarahayu
  10. Desa Lampuyang
  11. Desa Margamukti
  12. Desa Mekarhurip
  13. Desa Mekarraharja
  14. Desa Salado
  15. Desa Sukaperna
  16. DesaTalagakulon
  17. Desa Talagawetan
Untuk 7 Desa di Kecamatan Labuhan & Carita juga telah disalurkan 1000 paket sembako yaitu:
  1. Desa Cigondang
  2. Desa Teluk
  3. Desa Sukamaju
  4. Desa Kalang Anyar
  5. Desa Rancateureup
  6. Desa Sindanglaut
  7. Desa Carita

Jumlah keseluruhan yang didistribusikan adalah 5000 (lima ribu) paket sembako. Untuk paket sembako tersebut di beberapa tempat telah didistribusikan ke lokasi terdekat, dan Kejari setempat, yang diperintahkan untuk menyerahkannya.

Sedangkan jumlah keseluruhan dari Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri se-Indonesia adalah sebanyak 50 ribu lebih paket sembako, dari Kejati dan Kejari yang sempat melaporkan sebanyak 24 (dua puluh empat) Kejaksaan Tinggi dan 300 (tiga ratus) lebih Kejaksaan Negeri.




Dalam sambutannya Jaksa Agung RI. menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen Kejaksaan dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini untuk membangun semangat kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan perhatian kita bersama. Untuk itu, saya sangat menyambut baik setiap kali diadakan kegiatan seperti ini. Seraya mengapresiasi kepada Panitia dan para pelaksananya yang telah bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan ini, agar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kita bersama.

Kegiatan mulia ini sejatinya menunjukkan kepada kita tentang hakikat manusia sebagai mahluk sosial. Aksi solidaritas ini pada dasarnya meletakkan manusia dalam interaksi saling membutuhkan antar sesamanya dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya.


Terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang berimbas kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu, maka sudah sepatutnya hal ini mendorong kita untuk lebih peka, seraya memberikan kontribusi nyata dalam membantu serta meringankan beban mereka yang dilanda kesulitan.

Momentum ini sepatutnya memicu tumbuhnya kesadaran bagi kita bersama untuk membangun karakter manusia yang berguna. Karakter manusia yang dapat memberikan manfaat bagi lingkungan disekitarnya, walau sekecil apapun itu, dalam rangka membangun kehidupan yang lebih baik. 

Jaksa Agung berharap bahwa kegiatan seperti ini tidak berhenti sebatas seremonial dalam rangka memperingati hari besar tertentu saja, namun sedianya merupakan agenda yang diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan, sebagai bagian dari pelayanan terhadap masyarakat.


Setelah bhakti sosial selesai, acara dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan berikutnyanya yaitu Ceramah Agama Bersama Gus Mitfah dengan tema "Ideologi Pancasila Dalam Perspektif Agama Islam" yang dilaksanakan di Aula Sasana Pradana Kejaksaan Agung RI. dihadiri oleh Wakil Jaksa Agung RI. Dr. Setia Untung Arimuladi, SH. MH, sekaligus mewakili Jaksa Agung RI. (yang kebetulan pada jam yang sama sedang mengikuti rapat terbatas di Istana Bogor), para Jaksa Agung Muda serta beberapa pejabat eselon II dan diikuti juga oleh Para Kepala Kejaksaan Tinggi, Para kepala Kejaksaan Negeri beserta jajarannya secara vitual menggunakan aplikasi ZOOM.(Sena)


Previous
« Prev Post
Show comments